Senin, 17 Agustus 2009

JABIR BIR HAYYAN

(Bapak Kimia Modern)

Abu musa jabir bin hayyan adalah seorang ilmuan muslim pertama yang menemukan dan mengenalkan disiplin ilmu kimia,lahir di kuffah(irak) 100H(720M) dan wafat pada 815H(usia 93 thn). Beliau dikenal dengan nama ibnu hayyan dan di barat dikenal dengan nama GEBER. Jabir merupakan ilmuan yang berjiwa besar,berperawakan tinggi tampan dan berwibawa. Selain ahli dalam bidang kimia,beliau juga ahli dalam bidang kedokteran ,filsafat,dan fisika. Dikalangannya dikenal orang yang kuat imannya sekaligus seorang sufi. Beliau berguru kepada imam ja’far ash-shadiq dan barmaki vizier pada masa khalifah harun al-rasyid. Beliau selalu beri’tikaf di dalam ruangan khusus (rumah yang .......................terletak di bawah damsyik syiria).

Inilah bukti masa keemasan islam dalam naungan daulah khilafah yang mana ulama agama juga sebagai ulama sience. Jabir pernah bekerja di laboratorium dekat bawwabah di damaskus dangan mendasari eksperimen secara kuantitatif ,instrumennya pun dibuat sendiri(pemotong,peleburan,pengkristalan) yang dibuat dengan bahan logam,tumbuhan,dan hewan. Menyempurnakan proses sublimasi, penguapan, pencairan ,sematan(fixation),amalgamasi,oksidasi-reduksi,dan penyulingan secara langsung( bejana basah) dan tak langsung( bejana kering). Beliaulah orang pertama yang mengatakan bahwa air bisa dimurnikan melalui proses penyulingan.

Pada abad peertengahan,kitab jabir yang paling terkenal adalah kitab AL-KIMYA dan AL-SAB’EEN yang telah diterjemahkan kedalam bahasa latin. AL-KIMIA diterbitkan oleh ilmuan inggris(robert chester-1444) yang berjudul “the book of the compositionof alchemy”.dan AL-SAB’EEN di terjemahkan oleh gerard cremona. Pada tahun 1678(richard russel)menerjemahkan AL HIKMAH AL FALSAFIYAH ke bahasa latin dengan judul “summa of perfection”. Richardlah orang pertama yang menjuluki jabir dengan sebutan geber dan memuji geber sebagai seorang pangeran arab sekaligus seorang filsuf.

200thn kemudian ditemukan laboratorium yang telah punah (saat penggalian tanah untuk pembuatan jalan)didalamnya terdapat peralatan kimia yang sangat mempesona dan ditemukan sebatang emas yang cukup berat.lasung tumbuk (terbuat dari emas murni 200 rithel-1 rithel syria =2,564kg). Salah satu terobosan jabir adalah preparasi asam sendawa,hidroklorik,asam sitrat,asam tartar. Jabir adalah orang pertama yang memakai timbangan dalam eksperimen ilmiah, dan batu timbangan yang terkecil =berat biji sawi=1/6480 rithel(digunakan oleh ilmuan lain 700thn kemudian.

Di musium britania (inggris)terdapat satu naskah geber yang berjudul AL-KHAWASSUL KABIR(inti-inti yang besar),di perpustakaan nasional paris(perancis)terdapat pula satu naskah yang berjudul AL-AHJAAR (batu-batuan). Karya tulis geber kurang lebih 200judul dan 80 dari karyannya masih diketahui keberadaannya antara lain; ASSIRRUL MAKNUN(rahasia yang terpendam), ALMAWAZIN(timbangan),AL-ARKANUL ARBA’AH(prinsip yang empat),AL-MIZAJ(persenyawaan),AL KHAMAIRUL KABIRAH(bagian yang besar),AL ASHBAG( pencelupan),AN-NIHAYAH WAT TAMAM(penghabisan dan penyempurnaan),MA BADDAT THABI’AH( metafisika),AL HUDUDU WAS SIRRU(batas-bats dan rahasia),AL-MIAH WAL ITSNA ASYARAH(yang ke seratus duabelas),AS SAB’UN(yang ketujuh belas),AL MIAH WAL ARBA’UN(yang ke 140)’AL KHAMSU MI’AH(yang ke 50), AS SAB’U MIAH(yang ke 700).

Tahun 1766-1844 seorang ilmuan inggris mengatakan bahwa”sesungguhnya persenyawaan secara kimiawi antara dua unsur hanya dapat berhasil melalui hubunganunsur molekul-molekul dengan molekul lainnya”. Maka, seribu tahun sebelumnnya jabir mengatakan hal itu dalam bukunya yang berjudul”AL MA’RIFAH BIS SIFATI ILAHIAH WAL HIKMAH AL FALSAFIAH(ma’rifah tentang sifat ketuhanan dan hikmah filsafat)”. Seorang ilmuan jerman (staheels) juga mengatakan “nyala api ,sesungguhnya benda-benda yang dapat terbakar ketika terbakarnya,menimbulkan bara yang berbentuk lidah api /cahaya/kepanasan dan meninggalkan kals(zat kapur)”,maka seribu tahun yang lalu jabir pun mengatakan”bahwasannya benda-benda yang dapat terbakar pada waktu terbakarnya ,ia akan menyebarkan belerang dan meninggalkan zat kapur”.

Kontribusi jabir antara lain; beliau dapat membuat tinta yang bersinar (radium)sehingga dapat dibaca saat gelap,membuat semacam semacam kertas yang tahan api(salah satu karyanya”AL HIKMAH” yang menggunakan kertas tersebut),menciptakan jenis cat yang jika dicatkan besi tidak akan berkarat dan pada pakaian menjadi anti air. Membuat emas dari berbagai /beberapa bahan pokok sehingga sulit untuk membedakan dengan emas murni. Jabir benar-benar ulama sains yang mulia dengan keinginannya untuk menyebarkan ilmu yang dia miliki(terdapat di dalam kitabnya”AL KHAWASH (spesialis)” yang saat ini masih tersimpan di perpustakaan nasional perancis. Di dalam kitabnya “KITABUS SUMUMI WA DAFI’I MADHARRIHA(buku yang menerangkan macam-macam racun dan terapinya)”;

1). Hewan=ular,harimau,kalajengking,dsb.

2).nabati =candu,narkotik,labu pahit,ganja,dsb.

3).batu =warangan dan air raksa.

SALAH SATU PROSEDUR PENELITIAN YANG DILAKUKAN OLEH GEBER:

a).ambillah amonia satu rithel(1rithel=2,564)trusi yang baik( karat kuningan +cuka,

masing-masing satu rithel)dan zat kapur kulit telur.

b).kemudian campurkan semuanya setelah ditumbuk halus masing-masing.

c).kemudian letakkanlah dibawah sinar matahari sebentar,sampai zat-zat bercampur

menjadi satu (bersenyawa),kemudian masukkanlah kedalam kendi tanah yang berleher

pada mulut kendi itu dipasang(di hubungkan)dengan retor (labu gelas)untuk

penyulingan(penetesan).

d).apabila bejana diletakkan dalam periuk yang berisi abu (bekas pembakaran) adalah

lebih baik prosesnya.

e).kemudian dipanasi lagi dengan api yang tidak terlalu besar dengan meletakkannya

pada tingkat kedua dari pembakaran

f).perhatikan air yang keluar dari bejana itu,jika telah berhenti tetesan air,bukalah

penutup kendi itu lalu kipaslah bolak-balik ‘hingga engkau yakin bahwa ia telah

dingin dan telah membeku.

g).kemudian dipanaskan lagi bejana itu,maka ia akan meneteskan air lagi,kalau telah

berhenti tetesannya didinginkan lagi .

h).kemudian panaskan lagi sampai menetes (menyuling)separuh/lebih.

Dalam kitabnya “KITABUR RAHMAH” ; beliau mengambil sepotong besi seberat 100 dirham. Kemudian disimpan beberapa waktu lamanya ,lalu diuji kembali dengan meletakkan beberapa potongan besi ,maka magnit itu tidak dapat menariknya. Ia mengira bahwa potongan besi itu lebih dari 100 dirham. Ia menimbang berulang kali lalu didapati besi itu kurang dari 100 dirham .”kekuatan magnit itu semakin lama semakin berkurang”.

AL ILMUL ILAHY(ilmu kedokteran)”tenyukan maksud dan tujuan percobaan itu dan ikutilah petunjuk-petunjuknya yang tertentu-pilihlah yang sesuai bagi p-ercobaan itu .ia juga berwasiat kepada orang yang melakukan percobaan ini :

1). Hendaklah anda sabar,tabah,selalu hati-hati dan jaganlah berteman selain orang yang anda percayai .

2). Para ulama(ilmuan) tidak pernah merasa bangga karena banyaknya peralatan,akan tetapi mereka bangga dengan sistemnya yang baik

3). Hendaklah anda berhati lunak,tenang,tidak tergesah-gesah

4). Ikutilah keadaan alamiah yang anda kehendaki dari segala sesuatu yang alamiah.

Karya jabir sangat indah ,praktis dan sistematis,bahasa sastra yang indah,kalimat yang fasih kadang-kadang berbentuk puisi,berbentuk prosa,soal jawab. Dan lain-lain.

Daftar bacaan;

Iskandar,salman.2007.99 tokoh muslim dunia.bandung:mizan media utama

Al-ustadz.ing.abdul.razak nawfal.1999.al muslimin wal ilmul hadist.jakarta:kalam mulia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar